Senin, 28 Maret 2016

8 Membuat Charger AKI Sederhana Sekaligus Lampu Emergency

Lampu Emergency

Bismilah… Tidak terasa lebih 2 tahun meninggalkan Blog, di karena kan ada aktifitas yg lebih penting dari ngeBlog, Yaitu mencari nafkah untuk keluarga! Walaupun hasilnya bukan “setumpuk berlian” (seperti apa kata Wali ) namun Alhamdulillah cukup untuk makan sehari-hari. 

Ok, dari pada tambah dalem curhatnya, mending langsung aja… Salam jumpa semua sobat Blogger..disini atau sekarang , ane akan posting sebuah artikel / sebuah project ane sendiri. Sebenarnya Project ini ane buat setahun yg lalu, jd ane sdh membuktikan bahwa alat ini sangat bermanfaat.


Kalo baca judul sih mungkin kurang menarik, karna terus terang ,ane paling nga bias bikin judul yg menarik.Tapi InsyaAllah… fungsi serta kegunaanya sangat bermanfaat buat kita semua. Ok..langsung kepokok postingannya, berawal di tempat ane sering betul kena pemadaman bergilir oleh PLN, yg alasanya macam2 yg nga jelas, ane terpikir di gudang ada AKI KERING bekas mobil yg sudah nga kuat starter masih ane simpan,dari pada nga di pakai kalo d jual pun paling laku 50rb, mending ane manfaatin, seketika itu jg terpikir buat lampu penerangan rumah ,kalo-kalo PLN ngambek lagi. Pas kebetulan juga, ane dulu waktu msh bujangan suka berexperimen dgn alat-alat electronic, jadi di laci msh ada sisa-sisa kumponen yg bias di pakai buat nialat. 

Cara kerja alat sederhana ini sama persis sama lampu emergency yang di jual di pasaran, cuman kita pake akibesar jadi lebih tahan lama penerangannya Ketika Listrik PLN nyala, AKI akan di Charger sampai max 80% dari kapasitas AKI, kenapa Cuma 80%?
Karena kita Cuma pakai tegangan 12V sebagai sumber Chargernya, kalo lbh dari 12V missal 15V AKI akan Over Charger ,sehingga harus di stop manual Chargernya, tapi kalo Cuma pakai sumber tegangan 12V kita nga perlu kuatir akan Over Charger, biarkan aja tu selamanya di Chảger…amannn…. Punya ane di rmh sdh lebih setahun nga pernah di lepas, msh OK aja AKI nya sampai sekarang, kebetulan ane pakai lampu LED kabin mobil yang COB 24 (menurut ane Cukup terang) lebih dari 10 biji ane tempel di plafon rumah, dari ruang tamu,ruang keluarga, setiap kamar, dapur ,teras, garasi bahkan sampe ke Kamar mandi juga WC ane pasang, jd Full LED kabin Mobil COB ane pasang… Haisilnya….. sama seperti nga mati lampu ,teranggg… Sering mati lampu dari mau magrib sampai  jam 1 malam masih OK aja terangnya. Ni penampakan diagram rangkaiannya


Gambar 1 mengunakan Travo Engkel / 0 
klik gambar supaya jelas

Bahan:
1. Travo type 0 (1-5A)
2. Dioda 5A 5 Buah ato bs di ganti Dioda Bridge 1 buah dan biasa 1 buah
3. Relay 12v 
4. lampu LED 2 buah (sebaiknya warna di bedakan)
5. R 1k dan 220 ohm (masing-masing 1 Buah)
6. Fuse 5A 1 buah
7. Lampu LED 12v (bỉar Hemat daya) terserah berapa buah
8. Saklar ON/OFF 1 buah (supaya bía di OFF kalo siang PLN modar)
9. Satu lg ketinggalan C 47uf/15v 1 Buah



Gambar 2 mengunakan Travo CT
klik gambar supaya jelas


Bahan:
1. Travo type CT (1-5A)
2. Dioda 5A 3 Buah 
3. Relay 12v 
4. lampu LED 2 buah (sebaiknya warna di bedakan)
5. R 1k dan 220 ohm (masing-masing 1 Buah)
6. Fuse 5A 1 buah
7. Lampu LED 12v (bỉar Hemat daya) terserah berapa buah
8. Saklar ON/OFF 1 buah (supaya bía di OFF kalo siang PLN modar)
9. C 47uf/15v 1 Buah

 Kalo di aplikasikan kỉra-kỉra begini:
1. Kalo PLN di ON kan, lampu merah akan nyala ,tandanya AKI sedang di Chảrger, lampu LED 12v akan mati
2. Kalo PLN Modar lampu kuning akan menyala, tàndanya arus akan menuju lampu LED 12v dan akan menyala Ôtomatis
3. Kalo PLN nyala lagi akan kembali ke posisi 1, AKI akan di isi lagi otomatis

Kekurangannya cuma 1, kalo siang PLN mati, Lampu LED 12v akan tetap nyala.

Jadi Solusinya:

Cara Manual:
1. Pasang SAKLAR di kabel + output sebelum masuk ke LED 12v

Cara biar Ôtomatis:
2. Kasih rangkaian sénsor cahaya, buat pemutus arus ke LED 12v nya
ntar gambar rangkaian sederhananya ane share di lain waktu

Kalo ane pakai solusi ke 2, jd otomatis, dan anga kepikiran kalo di tinggal jalan ke lủar rumah

Nah sobat ,demikian Posting ane kali ini, semoga bermanfaat...
Silakan isi kolom Komentar , jika ada yg di tanyakan
                                                       

8 comments:

Anonim mengatakan...

mas jika kerja alatya seperti ini : saat pln hidup lampu led tetap menyala proses aki di charger namun energi yang di ambil lampu let bukan dari aki. dan saat pln mati led menyala dari aki. gmana itu mas. 085279345689 minta pin bbm mas

salam kenal

satyadika mengatakan...

Berarti agan kebalik nyambung +yg dari dioda dgn +yg ke aki, coba perhatikan lg diagram nya ( klik u/memperjelas) semoga membantu

Unknown mengatakan...

Ass wr wb maaf bang ane mw minta petunjuknya nie... Ane punya adaptor laptop merk toshiba 15v 4a bagaimana cara menjadikannya charger aki motor auto dan bahan2 ap saja yang di butuhkan? Terima kasih

Unknown mengatakan...

Mas bisa dibuat tancapan dengan lampu led ac

Ferdy mengatakan...

backgorund nya bisa hitam polos mas, agar mudah dibaca?

Unknown mengatakan...

Gan mau nanya. Apakah aki kalo penuh tetap mengisi

Unknown mengatakan...

Saya juga mau tanya kan itu gan, soal nya ga ada tambahan rangkaian jika aki penuh otomatis putus pengisian..
Kl mnurut saya dr gambar di atas, aki akan terus mengisi bisa overload

Unknown mengatakan...

Saya juga mau tanya kan itu gan, soal nya ga ada tambahan rangkaian jika aki penuh otomatis putus pengisian..
Kl mnurut saya dr gambar di atas, aki akan terus mengisi bisa overload

Posting Komentar

Do not Spam